Kamis, 31 Januari 2013

PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA KENDARI SAAT INI


Dalam perencanaan strategi seperti Rencana Pengembangan Usaha (RPU), visi dan misi perlu dirumuskan dan diungkapkan dengan tepat dan jelas karena akan menajdi landasan dalam menentukan arah dari strategi dan sarana utama perusahaan. Selain itu, membantu terwujudnya kesamaan sudut pandang antara para Stakeholder yang dalam beberapa aspek mempunyai kepentingan yang berbeda.
a.         Visi PDAM Kota Kendari
Visi merupakan ungkapan pandangan masa depan yang berisikan keinginan atas kondisi atau kinerja yang hendak dicapai dalam jangka panjang. Visi dapat pula diartikan sebagai obsesi dari para perencana strategi sebagai representasi para Stakeholder.
Artikulasi visi harus jelas dan utuh sehingga tercipta visi bersama yang akan membentuk suatu filosofi menajdi keyakinan utama, perekat dan motivasi bagi segenap jajaran dalam pengembangan usaha. Visi yang kuat dengan strategi yang tepat diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah internal dan eksternal dalam mewujudkan misinya. Sehingga perubahan-perubahan yang dilakukan dalam menjabarkan misinya dapat terarah dengan baik dan tidak sekedar merespon isu-isu yang bersifat sementara atau demi kepentingan sesaat.
PDAM Kota Kendari sesuai fungsi dan tugasnya yang diemban sebagai Badan Usaha Milik Daerah mempunyai visi: Terpenuhinya pelayanan air bersih yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dan kemandirian perusahaan.
PDAM Kota kendari akan berupaya untuk mencapai kemandirian dalam memberikan pelayanannya. Agar kondisi yang mandiri tercipta, maka dukungan dan kerja sama dari seluruh jajaran di PDAM Kota Kendari akan menajdi prasyarat yang utama. Seluruh jajaran harus berupaya semaksimal mungkin dan secara bertahap bertumpu pada kekuatan PDAM Kota Kendari sendiri.
Pelayanan ditujukan untuk memuaskan pelanggan PDAM khususnya, dan masyarakat pada umumnya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini akan dicapai salah satunya melalui perbaikan tingkat kesehatan masyarakat. PDAM Kota Kendari akan ikut serta dalam upaya ini dengan menyediakan air bersih yang dapat diandalkan dengan tetap memperhatikan kemampuan dan kepuasan masyarakat.
b.        Misi PDAM Kota Kendari
Misi adalah ungkapan mengenai maksud pendirian perusahaan serta alasan keberadaannya, khususnya yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dianut dan harapan dari para Stakeholder utamanya. Pernyataan misi membantu memberikan pengertian yang jelas untuk apa sebenarnya perusahan didirkan sehingga mempertajam objektivitas, meningkatkan kesepakatan dan tanggung jawab seluruh ajajran dalam mencapai tujuan. Untuk dapat mewujudkan visi diperlukan misi perusahaan yang jelas dan terarah. Hal ini akan menunjuk pada peningkatan profesionalisme pengelolaan perusahaan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip ekonomi perusahaan, dengan tetap memperhatikan aspek sosial.
Adapun misi PDAM Kota Kendari adalah:
a.         Memberikan pelayanan air bersih dengan lebih terbuka, tanggap dan peduli terhadap masalah-masalah pelanggan.
b.        Peningkatan kemampuan dan kesejahteraan sumber daya manusia.
c.         Meningkatkan cakupan pelayanan dalam memanfaatkan animo masyarakat akan kebutuhan air bersih.
d.        Menurunkan tingkat kehilangan air.

0 komentar:

Poskan Komentar

1.Tidak Menggunakan Bahasa Yang Kasar
2.Tidak Mencantumkan Link Aktif
3.Tidak Boleh Meremehkan Artikel
4.Silahkan Berkomentar Jika Bingung
5.Silahkan Berkomentar Jika Ada Yang Gagal
6.Silahkan Berkomentar Jika Ada Yang Rusak
7.Silahkan Berkomentar Jika Ingin Berterimakasih
Jika Tidak Mematuhi Peraturan Akan Dianggap Spam!