Sabtu, 28 Januari 2012

DESAIN BANGUNAN SEKOLAH DARI BAMBU

Sekolah Hijau, sebuah laboratorium raksasa yang dibangun oleh PT Bambu, Sekolah ini berada diantara  kedua sisi Sungai Ayung di Sibang Kaja, Bali, didalam hutan lebat yang berisi tanaman asli dan pohon-pohon yang tumbuh di samping kebun organik . bangunan ini didukung oleh sejumlah sumber energi alternatif, termasuk air panas dan serbuk gergaji dari bambu untuk alat memasak, generator bertenaga Hydro vortex dan panel surya (Tenaga Matahari).


Bangunan ini terdiri dari ruang kelas, pusat kebugaran, ruang perakitan, perumahan, kantor, kafe dan kamar mandi. Sebagian Besar Terdiri dari berbagai ruangan kelas . Bahan Baku dari gedung ini adalah Bambu lokal, yang diambil dari pengembangan berkelanjutan (perkebunan) sehingga terus dikembangkan dan menghasilkan stok yang banyak , Sehingga nanti Bambu tersebut bisa digunakan untuk bereksperiment arsitektur selanjutnya. Hasilnya adalah Sebuah komunitas hijau yang bisa menjadikan inspirasi dan ilmu bagi para mahasiswa agar lebih penasaran, lebih fokus untuk mempelajari tentang Lingkungan hijau agar planet ini selamat dari bahaya Efek Rumah Kaca dan sebagainya.


Pemerhati Lingkungan dan Desainer, John dan Cynthia Hardy ingin memotivasi masyarakat untuk hidup sehat ‘ Green Peace’ . Bagian dari upaya untuk menunjukkan kepada orang, bagaimana membangun sebuah gedung dengan bahan yang sangat tradisional , yaitu bambu. Mereka mendirikan Sekolah Hijau, Dengan afiliasinya yaitu Yayasan Meranggi, yang mengembangkan perkebunan tanaman bambu melalui penyajian bibit bambu kepada petani padi lokal, dan PT Bambu, Keuntungan dari program desain dan perusahaan konstruksi yang mempromosikan penggunaan bambu sebagai primer bahan bangunan, adalah dalam upaya untuk menghindari penipisan lebih lanjut dari hutan hujan.


0 komentar:

Posting Komentar

1.Tidak Menggunakan Bahasa Yang Kasar
2.Tidak Mencantumkan Link Aktif
3.Tidak Boleh Meremehkan Artikel
4.Silahkan Berkomentar Jika Bingung
5.Silahkan Berkomentar Jika Ada Yang Gagal
6.Silahkan Berkomentar Jika Ada Yang Rusak
7.Silahkan Berkomentar Jika Ingin Berterimakasih
Jika Tidak Mematuhi Peraturan Akan Dianggap Spam!