Sabtu, 28 Januari 2012

KARAKTERISTIK RUMAH SEHAT INDONESIA

Ingin tahu beberapa karakteristik rumah sehat? Membangun sebuah rumah idealnya tidak hanya bertumpu pada keindahan gaya arsitektur sebuah bangunan, namun yang paling penting untuk diperhatikan justru adalah soal kriteria kesehatan sebuah bangunan rumah. 
Rumah sehat meskipun sederhana jauh lebih baik ketimbang rumah mewah yang ternyata tidak memenuhi karakteristik rumah sehat. Apa itu rumah sehat? Rumah sehat adalah rumah yang memenuhi kriteria dan syarat-syarat utama yang mendukung kesehatan rumah dan para penghuninya. Rumah sehat akan menjadikan para penghuninya sehat pula, sehingga istilah rumahku surgaku akan lahir dan rumah pun akan menjadi sebuah hunian yang selalu dicari oleh orang. Sepulang dari bepergian, orang akan sangat mengharapkan sebuah rumah menjadi perhentian melepas lelah.

Ada beberapa syarat dan karakteristik rumah sehat. Bagi Anda yang baru ingin mendirikan sebuah bangunan rumah, sangat penting untuk memperhatikan dan memenuhi hal tersebut, sementara bagi Anda yang sudah mempunyai rumah namun belum sesuai dengan syarat rumah sehat, maka cobalah untuk berusaha memenuhi karakteristik rumah sehat. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa hal terkait dengan karakteristik rumah sehat:

1. Memiliki sirkulasi udara yang baik
Karakteristik rumah sehat yang pertama dalah soal sirkulasi udara. Sebuah rumah yang sehat adalah rumah yang terkena udara luar dengan baik, maka dari itu sangat penting kedudukan sebuah jendela di sebuah ruangan rumah. Keberadaan jendela bukan hanya untuk memberi kesan estetik pada bangunan rumah, namun fungsi utama yang lebih penting adalah soal sirkulasi udara. Pada beberapa rumah tertentu, ada kebiasaan yang sering dilakukan oleh pemiliknya yakni jarang membuka jendela dengan alasan takut ada debu masuk dan sebagainya. Prinsip ini salah, karena jika udara sehat tidak masuk, maka dampak kesehatan yang lebih parah bisa ditimbulkan dari sekedar debu yang mengotori ruangan. Ruangan tanpa udara luar akan terasa pengap dan tidak nyaman. 

2. Memiliki sistem sanitasi yang baik
Karakteristik rumah sehat selanjutnya adalah soal sistem sanitasi atau pembuangan. Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sistem sanitasi dan terjaga kebersihannya. Pada beberapa bangunan rumah yang berada di pinggiran sebuah sungai biasanya memanfaatkan sistem sanitasi pada sungai bersangkutan, ini tentu saja akan sangat berpengaruh bagi kesehatan orang-orang yang berada di sekitar kawasan sungai.

 3. Memiliki sistem pencahayaan ruangan yang baik
Sistem pencahayaan ruangan pada karakteristik rumah sehat kali ini tidak ada hubungannya dengan lampu atau nyala listrik. Dalam hal ini yang dimaksud adalah pencahayaan dari luar berupa cahaya matahari. Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sistem pencahayaan yang baik, dengan kata lain ada celah atau pun ruang tembus cahaya yang akan membawa cahaya masuk ke dalam ruangan rumah. Makhluk hidup membutuhkan cahaya matahari, demikian pula dengan manusia yang menempati sebuah rumah

 4. Penghijauan rumah
Karakteristik rumah sehat selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana hijau pada rumah. Pada beberapa bangunan rumah di kota-kota besar, tak ada lagi ruang untuk menjadikan suasana rumah kita hijau dengan tanaman. Tanaman hijau sangat berperan untuk menjaga kesehatan orang-orang di sekitarnya. Gas oksigen yang dihasilkan tanaman hijau sangat dibutuhkan oleh manusia, di samping itu tanaman hijau juga akan menyerap berbagai gas berbahaya seperti karbon dioksida yang menjadi salah satu pollutan di udara. Tanami lah rumah Anda dengan aneka tanaman hijau, sebagai salah satu karakteristik rumah sehat.

0 komentar:

Poskan Komentar

1.Tidak Menggunakan Bahasa Yang Kasar
2.Tidak Mencantumkan Link Aktif
3.Tidak Boleh Meremehkan Artikel
4.Silahkan Berkomentar Jika Bingung
5.Silahkan Berkomentar Jika Ada Yang Gagal
6.Silahkan Berkomentar Jika Ada Yang Rusak
7.Silahkan Berkomentar Jika Ingin Berterimakasih
Jika Tidak Mematuhi Peraturan Akan Dianggap Spam!