Sabtu, 28 Januari 2012

SALAH SATU PERPUSTAKAAN TERUNIK DI INDONESIA


Riau perpustakaan daerah (SOEMAN HS) adalah library dari bangunan paling unik di Indonesia, karena bangunan seperti bentuk buku. Para bangunan perpustakaan itu sangat besar memang, mungkin perpustakaan di akan menjadi salah satu landmark Provinsi.
Perpustakaan ini menggunakan konsep transformasi modern arsitektur. Hal ini dapat dilihat dari bentuk lengkungan yang menyerupai sebuah buku tebal yang terbuka jika dilihat dari atas gedung. Bagian tengah bangunan ini ada sebuah bangunan terpisah yang terletak tidak dalam bentuk garis persegi panjang dan melengkung adalah bagian diatasnya.Dan dari konstruksi yang digunakan dalam pembuatan bangunan menggunakan baja konstruksi , ini dapat dilihat dari pilar-pilar yang memegang melengkung atap bangunan.

Perpustakaan ini menjadi perpustakaan termegah di Indonesia, bahkan lebih megah dari Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta. Keuntungan dari perpustakaan ini dibandingkan dengan perpustakaan lain di Indonesia adalah kumpulan literatur tentang budaya Melayu yang diklaim sebagai yang komprehensif di Indonesia.
Nama perpustakaan yang diresmikan oleh Wakil presiden Yusuf Kalla dan Gubernur Riau H Wan Abu Bakar pada tahun 2008 lalu ini, diambil dari tokoh sastrawan nasional Angkatan Pujangga Baru Riau yang begitu fenomenal di kalangan masyarakat, bapak Soeman Hs
Spoiler for Pujangga Riau,Bapak Soeman Hs:

Sampai saat ini perpustakaan Soeman HS yang kini jadi landmark/icon kebangkitan dunia pendidikan sekaligus wisata edukasi Provinsi Riau ini, seharinya bisa dikunjungi hingga 1000 orang baik dari dalam maupun dari luar daerah sendiri, pengunjung berasal dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pelajar,mahasiswa, sampai eksekutif pejabat dan ibu-ibu rumah tangga, gan

Hingga April 2009 lalu jumlah anggota aktif lebih dari 20.358 orang dan mereka dapat mengakses sekitar 72.259 judul buku yang berjumlah 213.432 eksemplar ( Data 2009, hingga saat ini tak menutup kemungkinan semakin bertambah)
kalau ke Pekanbaru, jangan lupa kunjungi Perpustakaan Riau Soeman HS ya gan . Full AC dan Masuknya gratis tis

Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Riau Soeman Hs saat ini merupakan satu-satunya fasilitas public space baru yang sekaligus juga sebagai wahana bacaan masyarakat di kota Pekanbaru,Riau. Perpustakaan ini mempunyai 6 lantai dibangun guna memenuhi fasilitas publik berupa perpustakaan daerah yang pada saat itu di Riau belum memiliki gedung yang representatif. Dengan APBD Riau lebih dari 150 milyar dalam gerakan Pendidikan Riau Membaca. Perpustakaan ini tidak hanya sebagai ruang baca saja tetapi juga sebagai ruang/public space yang memadai bagi masyarakat luas.

Ini gambar perpustakaan SOEMAN HS di malam hari
DekAt sama Kantor Gubernur
Gedung mewah berarsitektur moderen tropis menyerupai buku terbuka atau rehal (bangku kecil untuk alas membaca Al Quran), memiliki daya tampung setiap lantainya sebanyak 1.000 pengunjung. Arsitektur perpustakaan ini memadukan antara arsitektur khas budaya melayu dan moderen. Perpustakaan ini mempunyai fasilitas yang lengkap mulai dari public library, children library, student library, educational room, auditorium, bilik budaya melayu, atrium, meeting room, discussion room, audio visual room,CCTV, internet room,wiFi disetiap ruangan, musholla, cafe, kantin, sampai toiletnyapun ala hotel bintang lima!.

Karena keunggulannya itulah sehingga perpustakaan ini menjadi E-Pilot National Project percontohan Perpustakaan seIndonesia!

Suasana Interior
Lobby depan



Ruang Bilik Melayu





Ruang diskusi



Ensiklopedi Britannica






CHILDREN LIBRARY

AUDITORIUM


Ruang Perpustakaan Pelajar



Sudut Ruang baca dan Diskusi






Lift









Monumen Perjuangan Demokrasi Rakyat Riau:






0 komentar:

Poskan Komentar

1.Tidak Menggunakan Bahasa Yang Kasar
2.Tidak Mencantumkan Link Aktif
3.Tidak Boleh Meremehkan Artikel
4.Silahkan Berkomentar Jika Bingung
5.Silahkan Berkomentar Jika Ada Yang Gagal
6.Silahkan Berkomentar Jika Ada Yang Rusak
7.Silahkan Berkomentar Jika Ingin Berterimakasih
Jika Tidak Mematuhi Peraturan Akan Dianggap Spam!